Nalar.ID

Raih Kota Terbaik, Surabaya Tikung Bali dan Bandung

Nalar.ID, Jakarta – Surabaya, Jawa Timur, dianugerahkan kota terbaik oleh Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. Penganugerahan digelar di kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/07) malam.

“Selamat (kepada pemenang). Dari size dan pertumbuhan tertinggi, performance Surabaya di atas 40 persen,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Surabaya, berhasil menyalip Denpasar dan Bandung, di posisi kedua dan ketiga, dari 34 kabupaten atau kota di Indonesia. Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018 Didien Junaedi mengatakan, ada empat indikator penilaian pemenang dengan bobot berbeda.

Pertama, kinerja usaha pariwisata, akomodasi dan makan minum, PDRB (produk domestik regional bruto) dan tenaga kerja, dampak atau outcome, serta data statistik BPS dengan bobot 40 persen. Kedua, indeks pariwisata Indonesia, dengan daya saing sebesar 30 persen. Ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award, yakni dimensi pariwisata senilai 15 persen. Terakhir, penghargaan internasional dan nasional dari kementerian maupun lembaga sebesar 15 persen.

“Dari indikator itu, ada 134 kabupaten atau kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Dari jumlah itu, terpilih ‘Top 10 Kota Terbaik’, ‘Top 10 Kabupaten Terbaik’, dan ‘Top 1’ dari setiap provinsi. Akhirnya, best of the best jatuh ke Jawa Timur dengan Kota Surabaya senilai 7,36,” kata Didien.

Menpar Arief mengatakan, keberhasilan daerah menjadi destinasi wisata terletak dari unsur 3A atau atraksi, aksestabilitas dan amenitas. Paling penting adalah komitmen pemerintah daerah mengembangkan pariwisata.

“Lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Kalau CEO tidak komitmen, itu tak tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah. Sayang, kalau tidak memanfaatkan,” sambung Arief, di depan kepala daerah 34 provinsi dan kabupaten atau kota di Indonesia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, adalah penghargaan kepada kabupaten atau kota yang komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership, dalam membangun pariwisata daerah. Penghargaan ini apresiasi bagi pemda untuk mengembangkan pariwisata daerah.

Dalam penganugerahan, turut ditetapkan ‘10 Kabupaten Terbaik’. Diantaranya Badung, Sleman, Banyuwangi, Bogor, Buleleng, Gianyar, Klungkung, Bantul, Sidoarjo, dan Bandung. Sementara, ‘10 Kota Terbaik’, ditempati Surabaya, Denpasar, Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, Padang, Makassar, Balikpapan, dan Palembang.

Penulis: Erha Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi