Nalar.ID

Rangkaian Perayaan HUT 15 Tahun tvOne, Apa Saja?

Nalar.ID, JAKARTA – Pada 14 Februari 2023, tvOne memasuki usia ke-15 tahun. Ada sederet program istimewa untuk masyarakat dan pemirsa tvOne.

Salah satunya Dialog Kebangsaan, siaran berita non-stop 15 jam hingga kuis berhadiah menarik.

“Harapannya, kegiatan ini semua orang ikut merasa gembira menyambut hari ulang tahun tvOne,” kata A. Ardiansyah Bakrie, Komisaris Utama tvOne, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID, Selasa (14/2/2023).

Acara utama hari jadi ke-15 tvOne, menayangkan Dialog Kebangsaan “Semangat Indonesia Bersatu”. Dipandu host tvOne Andromeda Mercury, Tiara Harahap dan Yohana Gabriela, program ini dibalut hiburan pada Selasa, 14 Februari 2023 di Ballroom Hotel Four Seasons, Jakarta, secara live pukul 19.30 WIB.

Dialog ini membahas seputar isu polarisasi dan politisasi agama di Indonesia. Serta bahayanya untuk persatuan. Juga bagaimana meredam guna menghindari perpecahan jelang pemilu 2024.

Menghadirkan sederet tokoh nasional, yakni Menko Polhukam RI Prof. Mahfud MD, Jusuf Kalla, Rocky Gerung, dan Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas.

Diskusi ini menceritakan refleksi perjalanan tvOne sebagai televisi berita nomor satu di Indonesia. Pemirsa juga dihibur aksi panggung musisi Ari Lasso dan Regina Ivanova.

Dialog ditutup tausiah dan doa untuk Indonesia oleh Habib Nabiel Al Musawa. Selain perayaan dan syukuran tvOne, acara ini diharapkan jadi pencerahan masyarakat atas isu yang dibahas di dalamnya.

“Perjalanan tvOne selama 15 tahun mengudara memberi banyak makna dan cerita peristiwa yang terjadi. Baik secara nasional dan internasional. tvOne berpegang teguh pada prinsip-prinsip jurnalistik aktual dan faktual. tvOne hadir mengawal dan jadi kontrol sosial di masyarakat. Serta memberi berbagai informasi serta edukasi dan hiburan dengan harapan ikut mencerdaskan bangsa Indonesia,” kata Karni Ilyas, Pemimpin Redaksi tvOne.

Selain itu, Program 15 Jam Mengabarkan, sekaligus rangkaian acara HUT ke-15 tvOne juga hadir dengan format yang tak biasa.

Selama 15 jam non-stop, tvOne bersiaran live news report mulai pukul 04.30 WIW-19.30 WIB pada Selasa, 14 Februari 2023 langsung dari lima kota. Mulai dari Jakarta, Medan, Jogja, Surabaya, dan Makassar.

Bukan hanya siaran non-stop di program 15 Jam Mengabarkan, lainnya ada Tim Grebek HUT tvOne yang datang mengunjungi permukiman warga di 15 titik. Mereka bagi-bagi STB gratis dan hadiah uang tunai dengan total Rp15 juta dengan ikut challenge #GoyangBarengtvOne.

Selain itu, 15 Jam Mengabarkan juga bersiaran melalui studio mini dari berbagai tempat. Membahas isu atau berita yang sedang hangat. Mulai dari persiapan Timnas Sepak Bola Indonesia U-20 di Gelora Bung Karno, persiapan tepat satu tahun sebelum dihelat Pemilu 2024 di KPU, KPK, Kejaksaan Agung, dan red carpet malam puncak Dialog Kebangsaan “Semangat Indonesia Bersatu”.

Menariknya, para Duta Besar Indonesia dari berberapa negara bersiaran, layaknya pembawa berita tvOne live. Di antaranya, Duta Besar Indonesia untuk AS Jerman, Australia, Inggris dan Turki.

Menginjak usia ke-15, tvOne melakukan pembaharuan logo. Lingkaran pada logo tvOne menyimbolkan persatuan dan keberlanjutan tanpa awal dan akhir.

Pada lingkaran dilengkapi dengan tanda panah ke kanan atas yang menyerupai angka satu menyimbolkan pemberitaan yang benar (kanan/right), berintegeritas tinggi dan angka satu melambangkan simbol persatuan untuk berkembang bersama menjadi stasiun berita nomor satu dengan semangat profesional.

“Perubahan logo ini agar dapat memberi semangat baru bagi tvOne. Melalui semangat baru dengan profesionalitas yang tinggi, harapannya bisa memberi kesan yang lebih baik untuk masyarakat,” kata Ahmad R. Widarmana, Direktur Utama tvOne.

Selanjutnya, untuk pemilihan jenis huruf, dipilih jenis sans serif. Menyimbolkan kejujuran, langsung, modern dan simple karena tak memiliki elemen dekoratif.

Sans serif juga menunjukjan tvOne selalu menyampaikan berita yang bermutu, tidak nonsense karena tidak memiliki simbol-simbol tersembunyi pada setiap hurufnya.

“Kebanggaan insan tvOne sebagai bangsa Indonesia masih tetap kami pertahankan dengan menggunakan warna merah putih. Warna putih melambangkan kejujuran dan cita-cita mulia. Merah melambangkan keberanian. Sementara, tambahan warna hitam menyimbolkan kekuatan, kemewahan, keanggunan dan selera tinggi,” ungkap Taufan E. N. Rotorasiko, Wakil Direktur Utama, merangkap CEO tvOne.

Sebagai tanda syukur, tvOne juga mengikutsertakan euforia masyarakat untuk merayakan HUT ke-15 dengan mengadakan kuis berhadiah bertema “Kuis Ekspresi 15 Tahun tvOne”.

Sebanyak 2 motor listrik dan 13 sepeda listrik diberikan bagi pemenang lomba “Kuis Ekspresi 15 Tahun tvOne”.

Syaratnya mudah, masyarakat hanya meng-upload video kreatif menggunakan twibbon dan hastag yang sudah disediakan ke media sosial tvOne. Batas waktu upload video adalah 13 Februari 2023.

Penulis: Alamsyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi