Nalar.ID

RI Peringkat ke-5 Dunia Vaksinasi Terbanyak

Nalar.ID, Jakarta – Hingga 6 Oktober 2021, sebanyak 94 juta orang Indonesia sudah divaksinasi COVID-19 dosis pertama. Hal ini menjadikan Indonesia berada di peringkat ke-5 dunia dengan jumlah masyarakat yang divaksinasi terbanyak.

Dalam jumpa per secara virtual, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan dari sisi vaksinasi, per hari ini sudah 94 juta orang Indonesia yang divaksinasi dosis pertama. “Indonesia ada di ranking ke 5 dunia,” kata Menkes Budi.

Dengan begitu, lanjutnya, Indonesia naik 1 tingkat menyusul Jepang. Hingga kini, Jepang berhasil memvaksinasi sekitar 80 juta warganya. Sementara, sambung Menkes, total suntikannya sudah 148 juta dosis, ranking ke-6 dunia.

Tak hanya itu, Indonesia sudah melampaui 2 juta suntikan per hari di bulan September ini.

Terkait stok vaksin, 222 juta dosis yang sudah diterima Pemerintah Indonesia, 193 juta di antaranya sudah didistribusikan ke daerah, dan 148 juta dosis sudah disuntikkan.

“Total stok vaksin yang masih ada di kisaran 70 jutaan, masih cukup banyak,” tukasnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan meski saat ini pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia berjalan dengan baik. Namun, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap varian baru, jangan sampai terlena dengan kondisi saat ini yang mulai membaik.

“Pemerintah akan melakukan pengawasan ketat dengan memonitor seluruh kegiatan aktivitas masyarakat agar dapat kita merespons jika ada hal-hal yang dianggap menjadi darurat, sehingga virus tidak berkembang biak,” kata Luhut.

Penulis: Febriansyah | Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi