Nalar.ID

Rilis Kembali, Ini Fungsi Fitur Instagram Lite

Nalar.ID, Jakarta – Aplikasi Instagram kini tampaknya menjadi salah satu aplikasi yang wajib ada di setiap smartphone. Aplikasi berbagi foto ini memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan benar. Salah satunya bisa mendatangkan pundi-pundi uang bagi mereka yang menjadikan Instagram sebagai lahan bisnis.

Meski berguna, namun aplikasi Instagram bukan tanpa kekurangan. Salah satunya ukuran aplikasinya cukup menguras penyimpanan smartphone. Namun, jangan khawatir, karena kini telah dirilis Instagram Lite. Diklaim lebih ringan daripada Instagram biasa.

Instagram Lite, sebenarnya sudah dirilis tahun 2018. Namun, entah mengapa ditarik oleh Google Play Store pada pertengahan 2020. Tahun 2021, Instagram Lite kembali dirilis dan merambah lebih dari 100 negara. Tepatnya, 170 negara.

Lalu, apa yang ditawarkan oleh Instagram Lite ini?

Paling mencolok adalah ukuran aplikasinya sangat kecil, yakni hanya 2 MB. Yang pasti, sangat berbanding terbalik dengan Instagram biasa yang berukuran 30 MB. Meski berukuran jauh lebih kecil, bukan berarti Instagram Lite ini minim fitur.

Pada versi sebelumnya, Instagram Lite tak menghadirkan fitur DM dan perekaman video. Namun, pada versi terbaru ini, pengguna sudah bisa menggunakan fitur tersebut.

Dikutip dari The Verge, layaknya Instagram biasa, pengguna masih bisa menggunakan fitur Story dan menggunakan stiker dan GIF. Serta teks untuk Story. Fitur Dark Mode juga akan hadir dalam waktu dekat. Di mana fitur itu mengubah tampilan aplikasinya jadi lebih gelap, berlatar warna hitam dan teks abu-abu.

Sayangnya, Instagram Lite hadir dengan kekurangannya, yaitu ditiadakannya fitur Shopping dan IG Live. Selain itu, fitur Reels hanya bisa digunakan pengguna untuk menonton, bukan membuat Reels.

Selain itu, filter Augmented Reality (AR) juga tak bisa digunakan di Instagram Lite. Sebab, aplikasi ini dibuat untuk pengguna yang memiliki smartphone berspesifikasi pas-pasan dan kecepatan internet terbatas.

Bagi yang tertarik untuk menggunakan Instagram Lite, bisa langsung mengunduhnya lewat Google Play Store.

Penulis: Hutomo Dwinugrahanto | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi