Nalar.ID

Rontok di Usia ke 45, Ini Perjalanan Teh Celup Legendaris

Nalar.ID, Jakarta – Kenal teh SariWangi? Merek teh celup ini begitu familiar dan akrab di kalangan masyarakat Indonesia sejak lama. Di Indonesia, kepopuleran teh celup tak lepas dari merek lokal asli Tanah Air ini. Sayangnya, di usia ke-45 tahun, Sariwangi harus menghadapi kenyataan pahit.

Produsen teh dengan nama PT Sariwangi Agriculture Estate Agency dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung, dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri (PN) Niaga Jakarta Pusat. Sementara, brand atau pemegang merek teh SariWangi berada di tangan PT Unilever Indonesia Tbk.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil putusan perdamaian atau homologasi PT Bank ICBC Indonesia terhadap PT Sariwangi Agriculture Estate Agency, dan PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung, dibatalkan. Alhasil, kedua perusahaan itu dinyatakan pailit.

Persoalan keuangan PT Sariwangi bersama perusahaan afiliasinya, PT Maskapai Perkebunan, mulai terendus tahun 2015. Dua perusahaan itu rupanya terjerat utang hingga Rp 1,05 triliun ke sejumlah kreditur.

Tahun itu, tercatat, ada sejumlah bank mengajukan tagihan, yakni PT HSBC Indonesia, PT Bank ICBC Indonesia, PT Bank Rabobank International Indonesia, PT Bank Panin Indonesia Tbk., dan PT Bank Commonwealth. Menanggapi hal ini, PT Unilever Indonesia Tbk., menegaskan bahwa teh ini tetap ada.

“Tetap memproduksi, sehingga masyarakat Indonesia tetap bisa menikmati (teh SariWangi),” tulis, seperti dikutip di akun Facebook Unilever, Jumat (19/10).

SariWangi, kali pertama diperkenalkan pada 1973 lewat format teh celup, pola baru dan modern untuk selain minum teh dengan cara bubuk.

Dikutip dari situs Unilever, Jumat (19/10), berikut perjalanan teh SariWangi dari masa ke masa.

1973

Hadir dengan melalui kampanye ‘Mari Bicara’. Kampanye ini seraya mengajak keluarga Indonesia melalukan perbincangan bersama dan tatap muka guna membangun kebersamaan berkualitas di keluarga.

2013

Memulai gerakan ’15 Menit Sehari’. Anda diminta meluangkan waktu, setidaknya 15 menit setiap hari, duduk bersama keluarga. Kemudian saling berbagi cerita dengan ditemani secangkir teh ini.

Berani Bicara

Teh ini mengajak keluarga Indonesia dengan kampanye ‘Berani Bicara’. Gunanya, untuk berani mengungkapkan isi hati yang sesungguhnya.

11 Produk

Selama 45 tahun eksis di industri ini, SariWangi populer berkat 11 produk. Mulai dari sachet isi 4 teh celup, sachet isi 10+1 teh celup, box isi 25 teh celup, box isi 100 teh celup, Green Tea box isi 25 teh celup, Teh Melati pouch 30g (teh aur/tubruk), Teh Melati sachet isi 4 teh bundar, Teh Melati box isi 25 teh celup, Sari Murni sachet isi 6 teh bundar, Sari Murni pouch isi 20 teh bundar, dan Sari Murni box isi 25 teh celup.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ezar Radinka

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi