Nalar.ID

RTV Raih 3 Penghargaan Anugerah Penyiaran Ramah Anak 2022

Nalar.ID, Jakarta – RTV kembali mendapat apresiasi di Anugerah Penyiaran Ramah Anak (APRA) tahun 2022 dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Komisioner KPI Pusat sekaligus PIC APRA, Mimah Susanti mengatakan pemberian penghargaan ini untuk memicu kesadaran dan produktifitas lembaga penyiaran membuat serta menayangkan tayangan khusus anak di TV dan radio.

“Jumlah siaran khusus anak yang baik dan berkualitas harus makin diperbanyak. Semakin banyak tayangan atau siaran khusus anak di lembaga penyiaran tentu yang sehat dan berkualitas, akan semakin membuat anak-anak merasa senang dan betah,” kata Koordinator bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat, dalam siaran pers diterima Nalar.ID.

Tema yang diusung di APRA ini ‘Bangga Budaya Cinta Indonesia’ bermaksud menanamkan kepedulian terhadap budaya negeri ini melalui penyiaran anak.

Melalui siaran yang di dalamnya mengandung nilai-nilai tentang kebanggaan pada budaya akan menanamkan dan menimbulkan rasa cinta terhadap Indonesia khususnya pada anak-anak.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo menyampaikan, untuk APRA tahun ini, pihaknya menerima sebanyak 102 program siaran anak dari 10 lembaga penyiaran televisi yang ikut dalam kompetisi.

Setelah disisir oleh tim seleksi, stasiun TV yang banyak mengikutkan program anaknya dalam APRA adalah RTV.

Untuk penilaian materi program dan menentukan pemenang, KPI membentuk tim juri internal dikombinasi juri eksternal yang terdiri dari Komisioner KPI Pusat, Anggota DPR, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Pemerhati Anak, dan Akademisi.

Adapun pemenang lomba diumumkan pada saat acara puncak APRA yang berlangsung Sabtu (13/8/2022) di Auditorium LPP RRI Jakarta dan disiarkan langsung melalui kanal youtube media center KPI Pusat mulai Pukul 14.00 WIB hingga selesai.

RTV memborong 3 piala penghargaan yaitu Riko The Series untuk kategori Program Animasi Indonesia, Michael Tjandra Luar Biasa untuk kategori Program Pendidikan Anak Indonesia, dan untuk kedua kalinya RTV mendapatkan piala kategori khusus Televisi Ramah Anak.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi