Nalar.ID

Sah! Pemerintah Resmi Keluarkan Kartu Prakerja

Nalar.ID, Jakarta – Secara resmi pemerintah meluncurkan program ‘Kartu Prakerja’, Sabtu (11/4/2020) malam. Masyarakat yang memenuhi persyaratan dapat langsung melakukan pendaftaran lewat laman www.prakerja.go.id.

Dalam keterangan melalui virtual, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memaparkan sejumlah syarat untuk pemilik kartu tersebut.

“Syarat utama untuk dapat pendidikan ini adalah warga negara Indonesia usia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal,” katanya.

Airlangga menambahkan, percepatan peluncuran kartu ini dilakukan guna membantu agar masyarakat yang dirumahkan atau di PHK hingga pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19 dapat mengikuti program ini.

Diakuinya, tujuan kartu yag semula meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kini juga diharapkan mampu meringankan beban biaya hidup.

“Terutama membantu daya beli dan kebutuhan sehari-hari. Artinya, kartu ini juga berfungsi sebagai instrumen memberikan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial,” tukasnya.

Adapun, pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan setiap pekan dengan sejumlah tahap. Gelombang pertama, dilakukan sejak hari ini, Sabtu, 11 April 2020 hingga 16 April mendatang pukul 16.00 WIB.

“Gelombang pertama ini setidaknya direkrut 164 ribu peserta,” tambahnya.

Akses Online
Pengumuman peserta yang akan diterima tahap pertama akan dilakukan Jumat, 17 April 2020. Usai diterima, akan diberikan kode unik untuk membeli pelatihan yang diinginkan di platform digital yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Jika pendaftaran diterima, pihaknya akan kroscek dengan data di pemerintah miliki. Nantinya, peserta dapat memberikan pelatihan yang diinginkan di sejumlah toko, seperti Tokopedia, Ruangguru, atau memilih mau belajar apa dan platform lain.

“Pembayaran nanti sesuai fasilitas Kartu Prakerja, yaitu kode unik 16 angka. Jadi, kartu ini bentuknya bukan fisik, ya tapi kartu yang bisa diakses secara online,” katanya.

Tetapi, jika peserra belum lolos atau tak diterima di tahap pertama, dapat mencoba di gelombang kedua. Gelombang kedua dibuka 16 April 2020 di atas pukul 16.00 WIB.

Menko Airlangga menuturkan, peserta tak perlu mengulang dari awal.

“Ada petunjuk di situs (www.prakerja.go.id). Jika ada masyarakat mengalami kesulitan daftar, manajemen pelaksana kartu prakerja menyediakan layanan masyarakat atau call center di 021-25541246. Setiap Senin-Jumat 08.00-19.00 WIB. Bisa juga email di info@prakerja.go.id,” tutupnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi