Nalar.ID

Sambut Tahun Ajaran Baru, Quipper Beri Layanan Belajar Online di Sekolah

Nalar.ID, Jakarta, 5 Juli 2021. Implementasi Pembelajaran Tatap Muka(PTM)tahun ajaran 2021/2022 direncanakan pada Juli 2021. Namun, masih dipertimbangkan beberapa daerah.

Mengingat hingga kini masih ada beberapa kasus Covid-19 kembali meningkat di berbagai daerah. Pada 25 Mei 2021 lalu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan ada sejumlah pertimbangan sebelum memulai PTM di beberapa daerah.

Ruth Ayu Hapsari, Business Strategy and Growth Senior Manager Quipper Indonesia, menuturkan, apapun implementasi pembelajaran pada tahun ajaran 2021/2022, Quipper terus berupaya mendukung kegiatan belajar siswa di seluruh Indonesia dengan memberi layanan-layanan melalui konten pembelajaran yang berkualitas dan terjangkau.

“Dengan memberi layanan terbaik dan terjangkau agar para siswa lebih semangat dan fokus meraih impian,” tambah Ayu.

Untuk menanggulangi kekhawatiran pemerintah akan learning loss (kehilangan satu generasi), hingga kini layanan belajar online masih bisa menjadi solusi utama. Karena kemudahan yang didapat oleh para guru dan siswa untuk menjalankan KBM secara aman dan nyaman dari rumah masing-masing secara daring.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim juga menjelaskan learning loss yang tak belajar sama sekali rentan terjadi selama PJJ.

Hal itu bisa terjadi mengingat infrastruktur dan fasilitas pendukung peserta didik yang berbeda-beda disetiap daerahnya.

Guna menanggulangi masalah itu, Quipper telah membantu para siswa memaksimalkan belajar dari rumah secara daring. Di mana para siswa bisa menggunakan materi ajar yang tersedia. Ditambah tryout online untuk persiapan PTS, PAS, dan PAT agar para siswa tidak tertinggal materi yang diajarkan di sekolah, sehingga dapat tetap mempertahankan nilai akademis.

Tak hanya itu. Untuk mendukung pemerintah dalam memaksimalkan program belajar dari rumah, Quipper, salah satu platform Edutech terbaik di Indonesia, menyediakan Quipper School Premium (QSP), sebuah Learning Management System yang menawarkan sistem pembelajaran terintegrasi dan mudah digunakan lewat konten-konten pembelajaran yang lengkap serta berkualitas.

Melalui layanan QSP, para tenaga pengajar juga dapat mengimplementasikan Hybrid Learning dan mendapatkan pendampingan penuh dalam pembuatan konten HOTS & perencanaan pembelajaran.

Sebagai upaya untuk membantu sekolah memaksimalkan KBM, layanan QSP mendukung guru dari mulai tahap persiapan, pengimplementasian, hingga evaluasi penilaian hasil belajar.

Pada tahap persiapan atau awal, Quipper menyediakan beberapa tes yang dapat diakses secara gratis. Di antaranya Tes Minat Bakat, Tes Gaya Belajar dan Tes Diagnostik untuk pemetaan minat serta kesiapan siswa dalam menyambut tahun ajaran mendatang.

Kemudian, untuk mengoptimalkan proses KBM, guru dapat berinteraksi dengan siswa melalui Kelas Virtual dan pengiriman materi, tugas serta ujian online. Dengan Sistem Penilaian otomatis, guru dapat memperoleh hasil evaluasi belajar siswa secara terperinci melalui Laporan Statistik yang tersedia.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi