Nalar.ID

Sejarah Baru Bali United di BRI Liga 1

Nalar.ID, Jakarta – Kompetisi sepakbola di Tanah Air, BRI Liga 1 2021/2022 di Indosiar baru menutup gelaran dengan menobatkan klub Bali United sebagai juara bertahan. Ini sekaligus mencatat sejarah baru menyandang predikat Back to Back Champions dua tahun berturut mengungguli puncak klasemen, serta menjuarai kompetisi.

Dalam keterangan tertulis kepada Nalar.ID, Bali United berhasil mencatat skor tertinggi tak terkalahkan sejak dua pecan sebelum laga BRI Liga 1 berakhir. Sekaligus menorah rekor kemenangan beruntun terbanyak di BRI Liga 1 2021/2022 dengan sembilan kemenangan.

Lima klub di papan atas bersaing memperebutkan posisi juara dan mendapat juara baru diperoleh pada pekan ke 33. Sedangkan dua dari tiga klub yang terdegradasi baru diketahui pada pekan-pekan terakhir.

Kemenangan SerdaduTridatu di bawah asuhan Stefano ‘Teco’ Cugurra ini tak lepas dari keunggulan yang dimiliki para pemainnya. Misalnya, Ilija Spasojevic, pemain naturalisasi kelahiran Montenegro. Ia berhasil mencetak 22 gol hingga pecan ke 32 BRI Liga 1.

Lalu, ada Privat Mbarga, winger asal Kamerun. Ia membukukan empat gol dan delapan assist. Talenta local asal Semarang, Ricki Fajrin, tampil mengesankan sebagai bek kiri bertahan. Ia menjaga benteng pertahanan Bali United sepanjang kompetisi BRI Liga 1 berlangsung.

Sementara gawang Bali United dijaga ketat oleh kipper asal Kediri, yakni Nadeo Argawinata. Ia berhasil membawa Bali United melewati 15 pertandingan berturut-turut tanpa kekalahan di Liga 1 musimini.

Sang pelatih merupakan pelatih tersukses sepanjang kompetisi era Liga 1 dengan mengantongi tiga gelar juara di Liga 1, yakni satu kali bersama Persija Jakarta dan dua kali Bersama Bali United. Sementara, Persib Bandung harus rela berada di posisi kedua klasemen BRI Liga 1 karena perolehan selisih tiga poin lebih rendah dari Bali United di peringkat klasemen terakhir dengan poin akhir 69.

Kendati demikian, klub berjuluk Maung Bandung ini berhasil mencetak rekor pribadi dengan poin tertinggi sepanjang keikutsertaannya di kompetisi Liga 1. Rekor baru Persib Bandung tercipta saat bermaini mbang 0-0 kontra Persik Kediri di laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022 dengan poin 68.

Di tempat ketiga, dihuni The Guardian, Bhayangkara FC. Mereka mencetak poin 66 usai berhasil mengalahkan Persiraja Banda Aceh 2-0.

Usai menjalani kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, ketiga klub papan atas di puncak klasemen berhak mewakili Indonesia di liga Champions Asia dan Piala AFC 2023/2024. 

Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-25 pada AFC Club Competition di regional timur. Satu klub akan berlaga di liga Champions Asia 2023 lewat jalur play-off regional timur.

Jatah play-off regional timur ini sudah pasti didapat Bali United yang menduduki posisi pertama sekaligus juara Liga 1 musim 2021/2022. Sementara Persib Bandung dan Bhayangkara FC akan berkompetisi di Piala AFC 2022/2023.

Tiga klub yang mengantongi poin terendah kali ini harus tersingkir karena berada di zona degradasi. Di antaranya Persiraja Banda Aceh, Persela, dan Persipura. Saat ini, Persiraja Banda Aceh di posisi paling akhir, yakni peringkat ke-18 dengan 13 poin.

Tepat di atas Persiraja Banda Aceh, ada Persela meraih 21 poin. Lalu, Persipura di peringkat ke 16 dengan poin 36. Sehingga ke tiga klub itu dipastikan akan bergabung di kompetisi Liga 2 musim berikutnya.

Kompetisi kasta tertinggi Liga 1 di Indonesia musim depan, dipastikan akan jadi arena menarik. Tigak lub besar Liga 2 berhasil mengamankan tiket menuju kompetisi Liga 1, yakni Persis Solo di bawah kepemimpinan Kaesang Pangarep.

Lalu, klub Raffi Ahmad, yakni Rans Cilegon FC. Serta Dewa United, besutan sportcaster RendraSoedjono. Ketiga klub itu akan bertarung menghadapi klub-klub besar lain dalam Liga 1 di musim berikut.

Selain menobatkan Bali United sebagai juara, ajang ini ditutup dengan member beberapa penghargaan, di antaranya:

1. Best Coach :AjiSantoso (Persebaya Surabaya)

2. Best Player :Taisei Marukawa(Persebaya Surabaya)

3. Best Young Player :MarselinoFerdinan(Persebaya Surabaya)

4. Best Team Fairplay :Madura United

5. TopScorer :IlijaSpasojevic (Bali United)

6. Best Referee :ThoriqMunirAlkatiri

7. Best Goal :Carlos Fortes(Arema FC)

Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi