Nalar.ID

Sensasi Melintasi Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk berakhir pekan. Mulai dari jalan-jalan di kota sendiri sampai melancong ke kota lain yang jaraknya tak terlalu jauh dari sekitaran Jakarta. Salah satu pilihannya, yakni mengunjungi Situ Gunung Suspension Bridge di Sukabumi, Jawa Barat, jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Penasaran?

Nalar.ID – Menuju tempat ini kita akan mengawali perjalanan dari tol dalam kota. Kemudian masuk Tol Jagorawi dan berakhir di pintu keluar Tol Bocimi. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Kadudampit.

Tak perlu khawatir. Penunjuk arah menuju tempat ini mudah tersedia di aplikasi google maps. Suspension Bridge berada di kawasan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Sebenarnya jembatan ini sudah fenomenal sejak dua tahun terakhir dan baru diresmikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pada 9 Maret 2019.

Kayu Ulin Papua

Jembatan dibangun oleh ahlinya. Menggunakan bahan dasar kayu ulin yang dikirim langsung dari Papua. Menyusuri jembatan gantung terpanjang di Indonesia adalah pengalaman tak terlupakan. Sekaligus ajang uji adrenalin. Uniknya, jembatan ini digadang-gadang terpanjang di Asia Tenggara.

Pasalnya, di ketinggian hampir 150 meter dari permukaan laut, para pelancong harus menyusuri jembatan sepanjang 243 meter dan lebar 2 meter.

Situ Gunung Suspension Bridge di Sukabumi, Jawa Barat - nalar.id
Para pengunjung menikmati pemandangan di Situ Gunung Suspension Bridge di Sukabumi, Jawa Barat. NALAR/Foto: Graece Tanus.

Menyusuri Suspension Bridge, sesekali kita merasakan goyangan kecil ditambah sejuknya hawa pegunungan yang masih bersih dan pemandangan indah alam pegunungan. Semua  adalah kenikmatan sempurna bersama alam.

Bagaimana soal keamanan saat melintas di atas jembatan? Tak perlu khawatir. Para wisatawan dilengkapi dengan sabuk pengaman. Para guide berpengalaman selalu berada di beberapa titik dalam jembatan ini. Tentu yang harus diperhatikan adalah tetap mengikuti instruksi para guide.

Uji Adrenalin

Puas menguji adrenalin sepanjang 243 meter, perjalanan berlanjut menuju Curug Sawer dengan trekking sepanjang 1,2 kilometer. Sekadar informasi, sebenarnya jembatan ini memangkas perjalanan dari Danau Situ Gunung menuju Curug Sawer.

Di kawasan ini, selain jembatan dan Curug Sawer, juga terdapat Glamping (Glamour Camping). Letaknya tidak jauh dari lokasi Curug Sawer, air terjun eksotis. Tingginya mencapai  30 meter. Berada di ketinggian 1.025 meter dibawah permukaan laut (mdpl). Tiba di Curug Sawer, kita dapat menikmati derasnya aliran air. Saking deras, wisatawan dilarang berenang.

Tunggu apa lagi? Mari berkemas menuju Sukabumi. Menikmati ikon baru dari kota Sukabumi yang tempatnya terintegrisasi dengan Curug Sawer dan Danau Situ Gunung. Jadi, tempat ini boleh, lah kita sebut sebagai paket wisata lengkap jiwa dan raga.

Penulis: Graece Tanus | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi