Nalar.ID

Setelah Unicorn, Indonesia Mulai Memiliki Decacorn di 2019

Jakarta, Nalar.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menuturkan, tahun 2019, Indonesia sudah bisa memiliki decacorn. Decacorn adalah perusahaan startup (rintisan digital) yang memiliki valuasi minimal 10 miliar dolar AS.

“Tinggal tunggu transaksi satu ronde lagi,” ucapnya di Jakarta, Jumat (7/12) lalu.

Rudi enggak mengatakan startup mana yang dimaksud untuk menjadi decacorn. Sebab, lanjutnya, ini menyangkut masalah bisnis. “Itu saja (decacorn) yang membuat kita sudah jadi luar biasa,” tambahnya.

Sekadar informasi, Indonesia sudah memiliki empat dari tujuh unicorn di Asean. Diantaranya Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. “Tahun depan, (Indonesia) akan punya satu unicorn baru. Target pemerintah di 2019 memiliki lima unicorn startup tercapai,” jelasnya.

Dari data tersebut, katanya, Indonesia masuk peringkat lima pemilik start up terbanyak di Indonesia. Bahkan menggeser Jerman.

Peringkat pertama hingga akhir ditempati Amerika Serikat, India, Inggris, Kanada, Indonesia, dan terakhir, Jerman. “China enggak dihitung karena enggak punya data based pasti,” tutupnya.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi