Nalar.ID

Siap jadi Pusat Studi Islam dan Peradaban, Ini Target Madani Institute

Nalar.ID – Lembaga independen yang fokus pada kajian intelektual Islam, pemikiran dan peradaban Madani Institute (Center for Islamic Studies) diperkenalkan ke publik di Makassar, Sabtu (22/06).

Dalam siaran tertulis kepada Nalar.ID, Direktur Eksekutif Madani Institute Syamsuar Hamka mengatakan, lahirnya Madani Institute sebagai respon problem umat yang masih jauh dari nilai-nilai peradaban masyarakat madani.

Awalnya, Madani Institute adalah komunitas diskusi kuliah pemikiran Islam. Akhirnya, komunitas ini memutuskan membentuk lembaga formal independen.

Alumni Pascasarjana UIKA Bogor ini menambahkan, Madani Institute ingin mengambil dan menciptakan kota berperadaban.

“Madani (Institute) juga lahir sebagai bagian kecil dari usaha menumbuhkembangkan corak berpikir Islamic worldview sehingga akan jadi tegaknya masyarakat Madani (kota berperadaban),” tukasnya.

Kondisi di era modern dan tantangan umat semakin nyata, dengan aneka masalah dan peradaban barat ingin memaksakan nilai-nilai luhur untuk diterapkan di kehidupan umat Islam. Maka itu, Syamsuar Hamka berharap Madani Institute menjadi pusat kajian intelektual dan tempat menimba ilmu.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi