Nalar.ID

Siap-siap! Top 45 Inovasi Diumumkan Akhir September 2019

Nalar.ID – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menetapkan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019. Menteri PANRB Syafruddin menyampaikan apresiasinya pada instansi pemerintah yang lolos sampai tahap ini.

“Selamat (untuk instansi yang masuk Top 45). Semoga inovasi ini terus berlanjut,” kata Menteri Syafruddin pada pengumuman Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 di Kantor Kementerian PANRB, pada 14 Agustus 2019 lalu.

Top 45 ini terdiri atas 8 kementerian dengan 9 inovasi, 4 lembaga sebanyak 4 inovasi, 5 provinsi dengan 5 inovasi, 16 kabupaten dengan 17 inovasi, 9 kota sebanyak 9 inovasi, dan 1 BUMN dengan 1 inovasi.

Top 99

Proses seleksi Top 45 dilakukan oleh Tim Panel Independen dan Tim Evaluasi. Sementara penentuannya dilakukan oleh Tim Panel Independen. Top 45 diperoleh dari Top 99 yang diseleksi melalui tahap presentasi dan wawancara. Serta verifikasi dan observasi lapangan.

Menteri Syafruddin menjelaskan bagi pemerintah daerah yang inovasinya terpilih sebagai Top 45, akan dapat alokasi Dana Insentif Daerah (DID). Pemberian DID ini telah dilakukan sejak tahun anggaran 2018.

Mantan Wakapolri itu mengatakan instansi yang berpartisipasi pada KIPP 2019 juga berkesempatan ikut kompetisi tingkat dunia, yaitu United Public Service Award (UNPSA) yang digelar PBB.

Sebelumnya ada dua instansi yang berhasil menjuarai ajang bergengsi UNPSA. Diantaranya, inovasi Sistem Early Detection and Treatment (EDAT) dari Kabupaten Teluk Bintuni dan inovasi PetaBencana.id milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Posisi Top ini akan dikirim ke PBB untuk dilombakan. Semoga tahun depan bisa juara lagi sehingga kita bisa hattrick memenangkan UNPSA,” ujarnya.

Pengembangan Ide Kreatif

Syafruddin menambahkan, penghargaan Top 45 akan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla akhir September 2019.

Senada hal itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) adalah perwujudan gerakan One Agency One Innovation yang digalakkan Kementerian PANRB.

KIPP digelar sebagai pembinaan inovasi pelayanan publik dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. “Tujuannya adalah pemberdayaan, pembelajaran dan pengembangan untuk menyebarluaskan ide kreatif. Serta gagasan dan terobosan pelayanan publik di Indonesia guna percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik,” tukasnya.

Proses kompetisi ini mulai dari pendaftaran proposal inovasi melalui http://sinovik.menpan.go.id. Tahun ini terekam 3.156 proposal yang mendaftar dan menunjukkan peningkatan dketimbang 2018 yang hanya 2.824 proposal.

Proposal yang lolos seleksi administrasi dan masuk tahap desk evaluation oleh Tim Evaluasi. Dari desk evaluation, diperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019. Top ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri PANRB No. 47/2019. Penyerahan penghargaan Top 99 telah dilakukan pada Juli lalu oleh Menteri PANRB.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi