Nalar.ID

Sinergi Pemda dan Pengusaha Muda Bangun Daerah

Nalar.ID – Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Mardani H. Maming meminta, pemerintah daerah (pemda) memberikan kesempatan luas ke para pengusaha muda. Tujuannya, agar berkembang di daerah masing-masing.

Menurut Mardani, dalam siaran tertulis belum lama ini mengatakan bahwa upaya langsung pemda ialah memberi proyek pekerjaan ke para pengusaha muda. “Mereka bisa belajar. Kelak, akan tumbuh jadi wirausahawan tangguh,” kata Mardani.

Mardani menilai, peran pemda, terutama para bupati dalam membesarkan para pengusaha muda di daerahnya begitu penting. Para bupati bisa memberi pekerjaan. Mulai dari proyek kecil ke pengusaha muda.

“Seperti (proyek) penunjukan langsung. Jadi, pengusaha muda daerah punya kesempatan berkembang. Ini saya lakukan ketika saya masih menjabat bupati di daerah saya,” jelas mantan Bupati Tanah Bumbu.

Ia menambahkan, melalui pemberian kesempatan kerja ini, para pengusaha muda akan tertempa kemampuannya. “Akan berkembang dan nanti bisa jadi pengusaha-pengusaha tangguh, sehingga jadi aset besar untuk pembangunan daerahnya sendiri,” tukasnya.

Adapun, kata Mardani, para pengusaha muda di daerah, saat ini punya banyak kemampuan dan kelebihan. Utamanya, dalam penguasaan teknologi informasi dan digital. Kemampuan itu akan menunjang pengembangan dunia usaha Indonesia. Seperti, kata Mardani, dalam pengembangan industri kreatif.

Penulis: Erha Randy | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi