Nalar.ID

Solusi Bisnis Teknologi Berbasis IoT

Nalar.ID – Berbicara tentang IoT (Internet of Things), erat kaitannya dengan solusi permasalahan bisnis dalam dunia industri. Pemerintah Indonesia dengan Kementerian Perindustrian mendukung penuh perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia agar dapat membangun ekosistem inovasi.

Hal ini untuk mengembangkan teknologi digital. Ini tak lain sebagai solusi masa depan dalam meningkatkan daya saing industri nasional.

Ekosistem inovasi, dalam hal ini pengembangan IoT, butuh banyak stakeholder yang terlibat. Diantaranya, perusahaan penyedia (konsultan IT/information technology), provider, perusahaan pengguna, serta teknologi (software dan hardware) yang terlibat dalam pengembangan.

Konsultan IT untuk Solusi IoT Manufaktur

Eight Code Indonesia, salah satu konsultan IT di Indonesia yang berkantor di Tangerang dan Jakarta, telah menyiapkan solusi bisnis untuk berbagai industri di Indonesia. Termasuk manufaktur dan bidang lainnya.

Nantinya, Eight Code Indonesia, akan menjadi salah satu konsultan IT non-Provider yang dapat menjawab permasalahan industri dengan solusi berbasis IoT.

Eight Code IoT memberikan perangkat lunak, perangkat, layanan kontrol, dan layanan data. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda secara aman menghubungkan perangkat, mengumpulkan data, dan mengambil tindakan cerdas secara lokal. Bahkan ketika tidak tersedia konektivitas internet.

“Saya lihat ada tiga mantaat utama dalam penerapan IoT untuk manufaktur. Seperti efisiensi untuk downtime, efisiensi produksi, dan intrusiveness. Ketiga faktor tersebut merupakan faktor terpenting dalam efisiensi dan efektifitas produsen manufaktur,” ujar Faizal Hermiansyah, Founder dan CEO dari Eight Code Indonesia, sekaligus pakar di IoT Solution for Business (ISB), kepada Nalar.ID, Selasa (14/5/2019).

Layanan Eight Code IoT

Ada sejumlah layanan unggulan Eight Code IoT. Apa saja? Berikut rangkuman Nalar.ID.

EC Greengrass IoT. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda menjalankan komputasi lokal, perpesanan, penyimpanan data pada cache, sinkronisasi, dan kemampuan inferensi machine learning pada perangkat yang terhubung dengan aman.

EC IoT Device Management. Perangkat ini memudahkan untuk memasukkan, mengatur, memantau, dan mengelola perangkat IoT secara aman dari jarak jauh dalam segala skala.

EC Device Defender. Perangkat ini secara berkelanjutan memantau dan mengaudit konfigurasi IoT Anda. Ini untuk memastikan bahwa perangkat tersebut tidak menyimpang dari praktik terbaik keamanan.

EC IoT Analytics. Layanan ini akan mempermudah menjalankan analisis canggih pada volume data IoT yang masif.

EC IoT Detection. Terakhir, layanan ini akan menggunakan teknologi IoT untuk mempermudah dalam mendeteksi dan merespon peristiwa dari sejumlah besar sensor dan aplikasi IoT.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi