Nalar.ID

Sosialisasi 4 Pilar: Ali Zamroni Ingatkan Masyarakat Jaga Kerukunan

Nalar.ID, Jakarta – Anggota MPR RI Fraksi Partai Gerindra dari Dapil Banten 1, Ali Zamroni menyelenggarakan acara ‘Sosialisasi 4 Pilar MPR RI’ di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Banten, pada Rabu, (10/3/2021).

Penyelenggaraan acara digelar dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini merupakan amanah konstitusi yang wajib dilaksanakan oleh seluruh anggota MPR RI. Hal ini merujuk UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI.

Dalam sosialisasi itu, Ali menyampaikan beberapa hal penting bagi masyarakat. Di antaranya untuk terus mempertahankan kebersamaan dan keharmonisan dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Ali mengingatkan kepada masyarakat agar menanamkan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud kecintaan kepada NKRI ditengah pandemi.

“Banyak situasi berubah sejak pandemi. Kegiatan masyarakat harus dibatasi, gerak pelaku usaha terhenti, dan banyak dampak yang menurunkan aspek kehidupan, terutama ekonomi,” kata Ali, kepada Nalar.ID.

Ditambah lagi, lanjutnya, oleh perubahan situasi yang mengubah aspek sosial, ekonomi, dan politik. Otomatis, transformasi sosial berpindah pada digitalisasi yang menuntut masyarakat lebih banyak menggunakan akses internet.

“Dengan transformasi digital di berbagai aspek kehidupan masyarakat hingga kita melakukan work from home. Untuk mahasiswa dan pelajar belajar di rumah (study at home). Banyak juga transaksi belanja secara online. Upaya ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 bahkan sampai terjadinya karantina wilayah (lockdown),” jelasnya.

Selain itu ia mengajak seluruh unsur masyarakat dan anggota DPRD Kabupaten Lebak untuk tetap menjaga kesatuan membangun berbagai sektor ketahanan. Sosial, ekonomi, dan kebersatuan masyarakat harus tetap dipertahankan.

Caranya, dengan tak terpaku dengan tranformasi yang membawa ke arah negatif. Melainkan bersama menciptakan inovasi dan kreasi dengan memanfaatkan digitalisasi yang semakin tinggi.

Masyarakat Berdaya

Sementara itu, Ali mengajak masyarakat, terutama di bidang pendidikan, pariwisata, ekonomi dan kesehatan selama pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan. Serta memanfaatkan berbagai program bantuan pemerintah.

Program pemerintah, berbentuk bantuan sosial, pembukaan akses guna pengembangan inovasi, terutama bagi pelaku usaha.

“Serta banyak program lain harus menjadi salah satu hal yang diburu. Ini demi menciptakan perkembangan masyarakat yang aktif dan inovatif menerima tantangan kemajuan  zaman di situasi pandemi,” tukasnya.

Menurutnya, masyarakat harus tetap menjadi masyarakat berdaya dan menjaga kesatuan untuk bertahan di masa pandemi.

“Selain usaha dan doa, harus memanfaatkan baik bantuan program dari pemerintah, terutama di pendidikan, pariwisata, dan olahraga,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Ali mengajak seluruh elemen. Khususnya Anggota DPRD Kabupaten Lebak Fraksi Gerindra guna memperjuangkan akses pendidikan secara merata selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring.

“Khusus pendidikan, di Komisi X, kami telah memperjuangakn berbagai kemudahan untuk akses PJJ. Salah satu program yang sudah diberikan, yaitu PIP dan KIP untuk sekolah-sekolah. Selain itu, ada kuota gratis dari pemerintah,” tambahnya.

Sebelum menutup sosialisasinya, Ali menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Fraksi Gerindra yang telah berkerja sama mendistribusikan ribuan paket sembako. Paket sembako ini telah disalurkan oleh Ali lewat rumah Aspirasi Ali Zamroni yang berada di Kecamatan Warunggunuung Kabupaten Lebak.

Menurutnya, sosialisasi ini bertujuan menyegarkan ingatan seluruh warga Indonesia bahwa bangsa Indonesia memiliki empat pilar kebangsaan untuk menguatkan rasa persatuan dan kesatuan. Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan diikuti berbagai elemen masyarakat, organisasi masyarakat daerah, dan stakeholder.

Penulis: Ceppy F. Bachtiar | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi