Nalar.ID

SRG Mendorong Ekonomi Selama Pandemi

Nalar.ID, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung pengembangan Sistem Resi Gudang (SRG), yang dinilai mampu jadi pendorong ekonomi masyarakat. Terutama para petani, tiga SRG yang sudah berjalan baik di Jateng, yakni Wonogiri, Grobogan, dan Kebumen, dan diharapkan bisa menjadi contoh untuk daerah lain.

Edukasi terkait SRG ini sangat diperlukan sehingga pihaknya mendorong kepada pemerintah daerah dan dinas terkait melakukan penyuluhan. Ganjar mengatakan tantangan SRG ini adalah memberi pemahaman kepada petani yang masih memilih langsung menjual hasil panennya ke tengkulak.

“Resi gudang ini kan banyak manfaat, kita mesti mengedukasi kawan-kawan petani untuk mau masuk ke sistem ini. Itu perlu edukasi,” kata Ganjar, Selasa (16/3/2021).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan, pihaknya terus mendukung perkembangan RSG di Jawa Tengah. Utamanya dalam fasilitasi pembiayaan hingga pengelolaan.

Soal pembiayaan, kementerian telah mengajak kerja sama dengan bank BUMN. Untuk keberlanjutannya bisa langsung ditindaklanjuti oleh masing-masing kepala daerah.

“Kita bisa kerja sama dengan swasta. Pemerintah selama ini sudah memberikan support dengan baik. Tetapi tidak menutup kemungkinan swasta bisa dilibatkan dalam hal pengelolaan, mencari manajer atau pengelola gudang sehingga bisa dipastikan pengelolaannya profesional,” kata Jerry.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi