Nalar.ID

Startup Ini Peluang menjadi Unicorn Kelima

Nalar.ID – Perusahaan rintisan di bidang perjalanan, Tiket.com, berencana akan menjadi unicorn baru di Indonesia, tahun ini.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan, peluang Tiket.com menjadi perusahaan dengan tingkat valuasi di atas Rp 14 triliun sangat terbuka lebar.

“Tingginya mobilitas masyarakat. Pemerintah juga menargetkan ada lima unicorn tahun ini. Kalau yang kaitan dengan dengan leisure, sekarang ini, orang menunda beli sepatu dan lainnya. Tapi lebih baik yang experience atau backpacker, ya cari tempat yang selfie. Mungkin saja ini (Tiket.com) bagian dari,” kata Rudiantara, di Jakarta, Jumat (22/2).

Hanya saja, Rudi, belum bisa memastikan Tiket.com menjadi unicorn. Namun, ia berharap, kehadiran unicorn baru dapat membantu devisa negara untuk memenuhi kebutuhan pelayanan dasar masyarakat. Sejauh ini, Rudi, belum bisa menentukan hal ini karena berkaitan dengan transaksi bisnis.

“Tapi clue-nya (petunjuk), pertama, pendidikan, itu bisa. Karena kita belanja 20 persen dari APBN. Tahun ini kita belanjar hampir Rp 500 triliun pendidikan. Kalau kecipratan 20 persen, sudah Rp 10 triliun. Kedua, kesehatan, karena lima persen APBN untuk kesehatan. Jadi, kalau lima persen Rp 100 triliun, masa enggak kecipratan,” ujarnya.

Diketahui, Indonesia telah memiliki empat unicorn. Ada Traveloka, Go-Jek, Tokopedia, dan BukaLapak. Platform tersebut memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar AS, atau di kisaran Rp 14 triliun.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi