Nalar.ID

Studi: Pria Lebih Mudah Tertular Covid-19

Nalar.ID, Jakarta – Berdasarkan sejumlah penelitian, tingkat seseorang yang terinfeksi Covid-19 lebih tinggi pria ketimbang wanita. Begitu pula dengan tingkat kematiannya.

Dikutip dari situs United Press International, Rabu (13/5/2020), baru-baru ini penelitian terbaru dari Belanda menjelaskan alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Menurut penelitian, pria memiliki kadar enzim angiotensin-converting enzyme 2, atau ACE2 lebih tinggi di darah dibandingkan perempuan.

Menurut ketua penelitian dan profesor kardiologi di University Medical Center Groningen, di Belanda, Dr. Adriaan Voors, ACE2 merupakan reseptor pada permukaan sel.

“Enzim ACE2 telah mengikat virus Corona. Ini memungkinkannya untuk masuk dan menginfeksi sel-sel yang sehat. Tingkat tinggi ACE2 ada di paru-paru. Maka itu, ini dianggap memainkan peran penting dalam perkembangan gangguan paru-paru terkait pandemi ini19,” tukas Voors.

Dalam studi mereka, para peneliti melacak konsentrasi ACE2 dalam darah hampir 1.500 pria dan lebih dari 500 wanita. Semuanya merupakan orang tua yang dirawat karena gagal jantung di lembaga medis di 11 negara Eropa.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi