Nalar.ID

Usai Pensiun Dini, Ini Sosok Penerus Jack Ma

Nalar.ID, Jakarta – Jack Ma, memutuskan mengundurkan diri pada Senin (10/9) sebagai pendiri dan pemimpin eksekutif Grup Alibaba, perusahaan e-commerce raksasa dan terbesar di Asia yang ia rintis pada 4 April 1999.

Keinginan Ma pensiun dini karena untuk memenuhi panggilan hati kecilnya sebagai seorang filantropis di bidang pendidikan. Dalam kamus Bahasa Indonesia, filantropi, yang berbahasa Yunani, berarti tindakan seseorang yang mencintai sesama manusia dan nilai kemanusiaan, sehingga butuh waktu, uang dan tenaga, untuk menolong orang lain.

Pria kelahiran 53 tahun silam ini menunjuk Daniel Zhang sebagai penggantinya untuk posisi chairman Alibaba Group. Pengumuman ini dipublikasikan pada Senin (10/9).

Daniel Zhang - nalar.id
Daniel Zhang. (NALAR/alizila.com)

Sebelumnya, dilansir The Star, Senin (10/9), Ma menyatakan, keputusan mundur dan pensiun ini merupakan hal bijaksana usai membangun perusahaan selama 10 tahun terakhir.

Dalam keterangannya, ia akan terus menjadi ketua hingga September 2019 untuk memastikan transisi kekuasaan berjalan lancar. Serta terus melayani sebagai anggota Dewan Grup Alibaba sampai Rapat Umum Tahunan Alibaba 2020.

Sosok penerus Ma ini adalah pria kelahiran Shanghai, 11 Januari 1972. Nama lahirnya adalah Zhang Yong. Ia lulusan keuangan dan ekonomi dari Shanghai University.

Sepak terjang Zhang di dunia bisnis e-commerce tak terbilang baru. Ia membangun karier bisnisnya di dunia e-commerce lebih dari satu dekade. Zhang bergabung di Taobao, situs belanja online berbahasa China sejak 11 tahun lalu. Tahun 2007, Zhang bergabung dengan Taobao sebagai Chief Financial Officer (CFO). Setahun kemudian, ia diangkat menjadi Chief Operating Officer (COO) Taobao.

Tahun 2011, Zhang dipromosikan menjadi presiden situs belanja online Tmall.com. Selanjutnya, tahun 2013, ia dipromosikan sebagai Chief Operating Alibaba Grup. Akhirnya, digantikan Jonathan Lu sebagai CEO tahun 2015.

Penulis: Febriansyah Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi