Nalar.ID

Tak Lolos UTBK? Masih Ada Jalan Menuju Kampus Impian

Nalar.ID, Jakarta – Pengumuman Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 telah diumumkan. Tahun ini, ada 800.852 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti UTBK.

Lini masa pun diramaikan dengan berbagai ekspresi dari para peserta, baik yang lolos, maupun yang tidak.

Dalam siaran pers diterima Nalar.ID, sebanyak 192.810 peserta dinyatakan lolos atau 24,07 persen dari keseluruhan peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi. Sementara 700 ribu lebih dinyatakan tidak lolos.

Bagi kamu yang belum berhasil lolos UTBK, tetap semangat ya! Masih ada beberapa opsi seperti Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia, atau mengambil opsi gap year untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK di tahun depan.

Jalur Mandiri masing-masing Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sendiri memiliki kuota maksimum sebesar 30%, sedangkan jalur Mandiri khusus PTN Badan Hukum (PTN-BH) memiliki kuota maksimum yang lebih besar, yaitu 50%.

Besarnya kuota ini membuat jalur Mandiri menjadi jalur kedua dengan kuota terbanyak, membuktikan kesempatan untuk masuk ke kampus impian masih besar.

Namun kamu tetap harus membuat persiapan yang matang, agar kesempatan terakhir ini dapat kamu manfaatkan sebaik-baiknya.

Berikut sederet tips untuk persiapan menghadapi Ujian Mandiri yang telah dirangkum oleh platform edukasi berbasis teknologi, Zenius.

1.Pelajari Konsep dengan Serius

Hal paling utama mempersiapkan diri menghadapi Ujian Mandiri adalah mempelajari konsep dengan serius. Beberapa dari kita terkadang memilih untuk loncat mempelajari materi-materi spesifik yang kita ingin pelajari dan mengabaikan konsep dasar. Cara seperti ini justru kurang tepat dan tidak efektif dalam jangka panjang.

2.Perbanyak Latihan Soal-Soal Tahun Lalu

Tips kedua ini adalah senjata penting yang tidak boleh terlewatkan untuk mempersiapkan diri sebelum hari-H. Dengan melatih diri menghadapi soal-soal yang disuguhkan di ujian tahun lalu, kamu dapat membiasakan diri dan mempelajari pola-pola soal yang akan disajikan. Semakin banyak soal-soal yang kamu kerjakan, akan semakin terlatih pula muscle memory kamu.

3.Atasi Rasa Gugup dengan Melakukan Aktivitas Selain Belajar

Bukan hal aneh jika kamu merasa gugup saat menghadapi ujian nantinya. Setiap orang pun memiliki coping mechanism yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa gugupnya. Cara terbaik, cobalah untuk membuat dirimu menjadi rileks dengan melakukan hobi ataupun hal-hal yang kamu suka. Misalnya seperti menonton film, bermain musik, ataupun kegiatan lainnya.

4.Kerjakan Ujian Hingga Waktu Selesai

Manfaatkan waktu ujian yang ada secara maksimal. Kamu bisa memulai dari soal-soal yang mudah dijawab. Jika selama proses kamu bertemu dengan soal yang menurutmu sulit untuk dijawab, lewati saja dan fokus ke soal berikutnya agar tidak buang waktu. Setelah semua soal yang mudah kamu jawab dengan yakin, kamu bisa kembali ke soal-soal yang sulit dan fokus untuk mengerjakannya.

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi