Nalar.ID

Takut dan Panik Pengaruhi Imunitas Tubuh Saat Covid-19

Nalar.ID, Jakarta – Juru Bicara Khusus Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengimbau agar masyarakat tak mudah mempercayai informasi terkait Covid-19. Terutama informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Bila masyarakat mudah terpengaruh berita-berita dan informasi yang belum diketahui kebenarannya, bisa menimbulkan kepanikan. Rasa panik ini itu akan berdampak kepada imunitas tubuh kita yang menjadi turun,” kata Yuri dalam jumpa pers melalui saluran YouTube BNPB, Minggu (12/4/2020).

Informasi hoaks tersebut, lanjut Yurianto hanya berujung kepada kepanikan dan ketakutan. Hal ini secara nyata bakal berdampak pada imunitas dalam menghadapi Covid-19.

Oleh karenanya, dia berharap masyarakat dalam mengakses informasi dapat melalui saluran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait penanganan Covid-19.

“Maka itu, setiap hari kami mengingatkan bahwa informasi berita secara resmi selalu kami update dan sampaikan ke masyarakat,” tukasnya.

Hingga Minggu (12/4/2020), kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 4.241 orang. Meninggal menyentuh 376, sedangkan yang dinyatakan sembuh ada 359.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi