Nalar.ID

Tampil 13 Oktober, Ini Fakta Malam Puncak AMI 2022

Nalar.ID, Jakarta – RCTI bersama Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI), kembali mempersembahkan Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke-25 di RCTI, Kamis (13/10/2022) pukul 21.15 WIB, dari Studio RCTI+, Jakarta.

“AMI Awards adalah bentuk komitmen RCTI bersama Yayasan Anugerah Musik Indonesia yang telah terjaga dua dakade terakhir, untuk menghadirkan apresiasi ke insan musik Indonesia terhadap karya yang telah mereka buat dan memberi dampak positif bagi perkembangan industri musik di Indonesia,” tutur Dini Putri, MNC TBK Director & Programming Acquisition Director RCTI, dalam siaran tertulis diterima Nalar.ID, Selasa (11/10/2022).

Selain itu, lanjutnya, AMI Awards dapat memotivasi bagi musisi Indonesia di seluruh Nusantara untuk membuat karya lebih baik lagi.

AMI Awards ke-25 mengangkat tema, ‘Recover Together, Recover Stronger Through Music’ yang artinya, ‘Pulih Bersama, Bangkit Lebih Kuat Melalui Musik’. Tema ini diusung untuk membangkitkan semangat bersama memulihkan kondisi pasca Covid-19.

Melalui ajang ini, Indonesia mampu bangkit kembali melalui musik karena musik merupakan bahasa universal yang dapat diterima dan disukai semua kalangan. Serta media ekspresi yang mampu menyatukan banyak kalangan masyarakat.

“Penghargaan ini, menurut observasi saya sudah memiliki brand tersendiri. Di mana, musisi yang menerima piala AMI, selain merasa senang, juga bangga serta terhormat mendapat anugerah tersebut. kita harus mempertahankan hal itu,  termasuk mempertahankan independensi-nya, pemilihan yang berdasarkan kualitas. Bukan hanya popularitas tapi tetap kualitasnya harus dipertahankan,“ ujar Candra Darusman, Ketua Umum YAMI.

AMI Awards ke-25, dibuka pendaftaran lagu secara online pada 17 Mei 2022, hingga penutupan 9 Juli 2022. Total, ada 4.156 lagu yang terdaftar tahun ini. Berupa karya single atau album yang di rilis komersil periode rilis 1 Juli 2021 – 30 Juni 2022.

Pada malam puncak nanti, akan diumumkan on-air, ada 13 kategori. Seperti Artis Solo Wanita Pop Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Metal Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik, Karya Produksi Kolaborasi Terbaik, Karya Produksi Ost Terbaik, Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah.

Lalu, Pendatang Baru Terbaik-terbaik, Album Terbaik Terbaik, Karya Produksi Terbaik-terbaik, Legends Awards, Lifetime Achievement dan Penghargaan Khusus. Sementara yang diumumkan secara off-air ada 47 kategori.

Sederet musisi ternama juga akan tampil di AMI Awards ke-25. Di antaranya JKT48, Rossa, Andmesh, Isyana Sarasvati, Nona, Dead Squad, Vidi Aldiano, dan lainnya.

Tak hanya penampilan solo, namun nanti akan ada kolaborasi antara musisi. Ada pula artis lain dengan meembaca nominasi, sekaligus mengumumkan nama penerima penghargaan, seperti Maia Estianty, Al, dan Dul.

“Meski AMI Awards ajang penghargaan, namun tetap dikemas dengan konsep produksi yang menghibur dan dinikmati suluruh pemirsa RCTI di seluruh Nusantara,” tutur Tiurma Imelda Sinaga, Head of Production Operation RCTI.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi