Nalar.ID

Tanggal Cantik Cucu Kedua Orang Nomor Satu Tanah Air

Cucu Presiden Jokowi bertambah dua. Setelah Jan Ethes Srinarendra, putra dari si sulung Gibran Rakabuming, tahun 2016, kini giliran baby Sedah Mirah Nasution, putri dari Kahiyang Ayu, yang lahir Rabu (1/8) lalu.

Nalar.ID, Jakarta – Kabar bahagia datang dari Presiden Joko Widodo. Putri keduanya, Kahiyang Ayu, melahirkan bayi bernama Sedah Mirah Nasution, Rabu (1/8).  Bayi pasangan Kahiyang dan Bobby Nasution ini lahir pukul 05.50 WIB di Rumah Sakit YPK Mandiri, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Baby Sedah, lahir dengan berat badan kurang lebih 3,4 kilogram, dan panjang 49 sentimeter lewat bantuan Caesar. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo; Jokowi; dan ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, ikut mendampingi proses kelahiran cucu kedua mereka. Sementara, Jokowi, menunggu di luar ruangan. Jokowi, kata Iriana, tidak begitu tega melihat prosesi persalinan putrinya.

Sementara, putra pertama dan ketiga Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, tidak terlihat hadir saat hari persalinan. Menurut Iriana, kepada sejumlah awak media, dua anaknya berhalangan hadir karena masih ada kesibukan bekerja. “Ini operasi-nya juga mendadak,” kata Iriana, saat memberikan keterangan kepada media, Rabu (1/8) siang.

Kahiyang Lahiran - nalar.id
Kiri-kanan: Gibran Rakabuming Raka; istri Gibran, Selvi Ananda; putra Gibran, Jan Ethes Srinarendra; Kahiyang Ayu; dan Bobby Nasution. (Foto: Brilio.net/nalar)

Jumat (3/8), kakak Kahiyang, Gibran, berkesempatan ke rumah sakit saat Kahiyang dan Bobby mengumumkan nama anak. Istri Gibran, Selvi Ananda, juga terlihat menjenguk dengan ditemani Jan Ethes Srinarendra, putra tunggal mereka, sekaligus cucu kedua bagi Jokowi dan Iriana.

Saat temu awak media, Gibran, tampak dekat dengan putranya. Dalam kesempatan itu, Gibran, terlihat sebagai sosok ayah yang dekat kepada anak. Beberapa kali ia terlihat meladeni polah tingkah Jan saat dipangku Selvi, ibunya. Saat jumpa pers pertama (Senin, 1/8) dan kedua (Jumat, 3/8), baby Sedah Mirah Nasution masih berada di dalam boks bayi di ruang khusus.

Dari keterangan salah seorang petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya, Kahiyang dan Bobby, tiba di rumah sakit itu sejak Selasa (31/7) siang. Setelah tiba, Kahiyang, langsung di rawat dan ditangani pihak rumah sakit.

Caesar Pilihan Terbaik

Sebelum Bobby dan Kahiyang mengumumkan nama bayi pada Jumat (3/8) petang, Jokowi, sempat kembali ke rumah sakit untuk menjenguk cucunya usai menunaikan ibadah shalat Jumat. Tak lama, dari rumah sakit, Jokowi langsung bergegas ke Istana Negara untuk memimpin rapat internal soal pangan dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Pengumuman nama, hanya dihadiri Boby dan Kahiyang, Gibran dan istri, serta anak mereka, Jan.

Sebelumnya, saat jumpa pers pertama, Rabu (1/8), Prof.Dr.dr. Endy Moegni, Sp.OG, dokter spesialis kandungan Rumah Sakit YPK Menteng yang menangani persalinan Kahiyang, mengungkapkan sejumlah hal soal alasan Kahiyang melahirkan secara Caesar. Ia mengatakan, pihaknya melakukan proses Caesar untuk menyesuaikan yang terbaik bagi pasien.

“Disesuaikan dengan kondisi terbaik untuk Kahiyang,” ucapnya. Ia tak membeberkan detail bagaimana kondisi Kahiyang sebelum proses melahirkan. Endy hanya menuturkan, usai melahirkan, Kahiyang, masih harus melewati proses pemulihan selama empat jam kedepan.

Diketahui, Bobby dan Kahiyang, menikah pada 8 November 2017 di Graha Saba Buana, Solo, lokasi yang pernah menjadi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Ini adalah cucu kedua Jokowi. Sebelumnya, cucu pertama Jokowi, Jan Ethes, lahir pada 10 Maret 2016 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah. Jan kecil, lahir melalui operasi Caesar dengan bobot 3,09 kilogram, dan panjang 48,5 sentimeter. Persalinan Jan ini dipimpin oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan, H. Soffin Arfian, Sp.OG.

Tak kalah dengan Sedah, nama Jan Ethes, juga punya arti unik. Ethes, dalam bahasa Jawa, memiliki arti cekatan dan gesit. Sementara, Srinarendra, merupakan arti dari pemimpin yang baik.

Nama tersebut merupakan gabungan ide dan masukan dari Jokowi dan Gibran. Hingga kini, Jan, diasuh sendiri oleh orang tua mereka tanpa jasa babysitter. Gibran menikahi Selvi, mantan Putri Solo 2009 pada 11 Juni 2015 di Gedung Graha Saba Buwana, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Makna Pemaknaan Jawa

Dalam pengumuman nama kepada awak media, Jumat (3/8) petang, Kahiyang dan Bobby, menyebut nama Sedah Mirah Nasution, memiliki pemaknaan Jawa.

“Kalau dalam bahasa Jawa, Sedah Mirah, artinya semoga putri kami menjadi putri yang menawan. Juga salihah serta dermawan bagi banyak orang dan sekitar, dalam pemaknaan Jawa. Kalau Nasution, kami ambil dari marga suami (Bobby Nasution). Nama ini memang pemikiran dari banyak orang,” kata Kahiyang.

Kata Kahiyang, pilihan nama itu diambil dari hasil rembukan kedua belah pihak keluarga Bobby dan Kahiyang. Sampai saat ini, Kahiyang, belum membocorkan nama panggilan si jabang bayi. Ia dan suami, sama-sama merahasiakan kepada publik maupun awak media. Sejauh ini, kondisi Kahiyang sudah mulai agak pulih dan bisa berjalan tapi belum bisa jalan-jalan jauh.

Usai melahirkan, Kahiyang dan Bobby, belum bisa mengatur shift penjagaan. “Enggak mungkin kalau bagi-bagi shift. Kan, bapaknya (Bobby) enggak menyusui. Tapi kalau saya yang menyusui. Dia (Bobby) ikut bangun. Kalau anak sudah tidur, kami juga ikut tidur dan istirahat supaya enggak capek,” kata Kahiyang.

”Masih sebatas jalan-jalan di kamar saja. Kalau terlalu banyak jalan-jalan, takut ditegur dokter, enggak berani. Sejak awal, kami cuma ingin anak kami lahir dengan sehat dan normal. Enggak mempermasalahkan soal jenis kelamin bayi kami. Mau dikasih laki atau perempuan, yang penting sehat-sehat saja. Minta doanya saja, ya,” tambahnya.

Bobby, ikut merasakan kebahagiaan sebagai ayah. Kebahagiaan turut dirasakan Bobby. “Pihak rumah sakit boleh bisa mengijinkan kami pulang karena pihak dokter mengajarkan kami menggendong bayi dan hal-hal lain yang harus diperhatikan. Saya masih terus belajar menjadi ayah. Mohon doanya untuk putri kami,” kata Bobby.

Kahiyang Lahiran - nalar.id
Pengayuh becak yang tergabung dalam Paguyuban Becak Solo Grand Mall (SGM), menggelar konvoi dan pawai, di Jalan Slamet Riyadi, tepat di wilayah Solo Grand Mall, Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/8). Mereka meluapkan kegembiraan atas kelahiran cucu kedua Presiden Jokowi. (Foto: Tribun Jateng/nalar)

Konvoi Becak Solo

Suka cita dan kegembiraan kelahiran Kahiyang ikut dirasakan para pengayuh becak di Solo, Jawa Tengah. Para becak, seperti dikutip kompas.com, ikut meluapkan kegembiraan dengan cara berbeda. Ada enam pengayuh becak menggelar konvoi dan pawai di jalur lambat atau citywalk, di Jalan Slamet Riyadi, tepat di wilayah Solo Grand Mall, pada Kamis (2/8) siang. Mereka tergabung dalam Paguyuban Becak Solo Grand Mall (SGM). Konvoi tersebut mereka namakan mengayubagyo.

Semakin meriah, becak mereka ikut dihiasi beberapa balon warna-warni. Becak-becak mulai start dari SGM, lalu berkeliling dari ke arah barat melintasi simpang empat Gendengan, dan kembali lagi ke depan SGM. Beberapa pengayuk becak ikut membawa poster Bobby dan Kahiyang, dan bayi mereka, dengan disertai tulisan ‘Ikut Berbahagia Kelahiran Cucu Kedua Presiden Jokowi’. Selamat, Pak Jokowi..

Penulis: Febriansyah Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi