Nalar.ID

Target Literasi Digitalisasi Kemenkominfo

Nalar.ID, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyatakan capaian GNLD atau peserta pelatihan kecakapan digital tingkat dasar tahun 2021 hampir 98,87%, atau total 12.307.498 orang. Tahun ini,  yang mengikuti GNLD. Tahun 2022, Kementerian Kominfo kembali menargetkan 12,5 juta peserta.

“Tahun ini akan lanjutkan ini dengan jumlah yang sama, tapi belum tersedia di APBN anggarannya sehingga kami akan cari dana atau sumber pembiayaan baru. Bagaimana untuk memenuhi kebutuhan sekitar 12,5 lagi tahun ini. Dengan harapan di akhir 2024, 50 juta penduduk Indonesia sudah mendapat pelatihan digital tingkat basic,” jelasnya.

Menurut Menteri Johnny, dari total sekira 270 juta orang Indonesia, masih relatif sedikit yang memahami  digitalisasi. Melalui Program GNLD, Kementerian Kominfo bersama ekosistem menyediakan pelatihan untuk mengenalkan dasar-dasar literasi digital.

“Tanpa melibatkan dan menghadirkan masyarakat untuk mengambil bagian di dalam ruang digital, maka infrastruktur TIK yang kita bangun tidak akan optimal pemanfaatannya,” jelasnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi