Nalar.ID

Target Menkeu untuk Pertumbuhan Ekonomi 2021

Nalar.ID, Jakarta – Target pertumbuhan ekonomi tahun 2021 bakal berada di kisaran 4,5 – 5,5%. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani pada Sidang Paripurna DPR RI terkait kerangka ekonomi makro (KEM) dan pokok-pokok kebijakan fiskal (PPKF) RAPBN Tahun Anggaran (TA) 2021.

Sri Mulyani mengatakan sebagai dasar penyusunan RAPBN 2021 meliputi beberapa hal. Diantaranya pertumbuhan ekonomi 4,5-5,5%, inflasi 2,0-4,0%, tingkat suku bunga SBN 10 tahun 6,67-9,56%, nilai tukar rupiah Rp14.900-Rp15.300/USD harga minyak mentah Indonesia USD40-50/barel; lifting minyak bumi 677-737 ribu barel per hari dan lifting gas bumi 1.085-1.173 ribu barel setara minyak per hari.

“Dengan fokus pemulihan ekonomi dan tantangan di masa mendatang, reformasi diarahkan pada bidang kesehatan, perlindungan sosial, pendidikan, Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), hingga belanja negara,” kata Sri Mulyani.

Sinergi Antarprogram

Ia menambahkan, di bidang kesehatan, reformasi diarahkan guna mendukung percepatan pemulihan Covid-19, sinergi atau koordinasi pusat dan daerah, peningkatan layanan kesehatan termasuk health security preparedness, dan reformasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).

“Di bidang perlindungan sosial, reformasi diarahkan untuk integrasi dan sinergi antarprogram agar menjamin ketepatan sasaran dan peningkatan efektivitas. Ini langkah penting menciptakan program perlindungan sosial yang komprehensif, berbasis siklus hidup, termasuk untuk mengantisipasi aging population,” tukasnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi