Nalar.ID

Target Pemerintah Agar Pelaku Usaha Parekraf Sertifikasi CHSE Tahun Ini

Nalar.ID, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif//Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menargetkan 6.500 pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif tersertifikasi protokol kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) tahun 2021.

Sertifikasi CHSE adalah hal sangat penting. Khususnya bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) guna memulihkan kepercayaan wisatawan dan menggeliatkan kembali aktivitas pariwisata.

Selain itu, untuk memberikan jaminan bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi standar dan protokol kesehatan.

“Tahun 2021, target kami 6.500 pelaku usaha yang tersertifikasi CHSE. Angka ini harus kita tingkatkan lagi dengan cara merangkul dunia usaha untuk berpartisipasi. Sehingga jumlahnya meningkat. Ada 34 juta lapangan kerja harus kita selamatkan,” kata Menteri Parekraf/Barekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, di Jakarta, belum lama ini.

Menparekraf Sandiaga menekankan, ia ingin menyelamatkan para pekerja di sektor parekraf. Sebab, ini merupakan peranan utamanya di Kemenparekraf.

Menparekraf Sandiaga juga menuturkan sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi bahwa saat ini tingkat kepatuhan masyarakat telah di bawah 40 persen. Menurutnya, untuk mengatasi Covid-19 harus memprioritaskan aspek kesehatan.

“Tak akan mungkin sektor parekraf bisa bangkit tanpa mengatasi sisi kesehatan. Tak mungkin ekonomi Indonesia bangkit tanpa pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

 

 

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi