Nalar.ID

Target Wisatawan Banbel di 2021

Nalar.ID, Bangka Belitung – Kunjungan wisatawan ke Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga akhir November 2020, tercatat 109 ribu orang. Pelancong itu berasal dari dalam maupun luar negeri.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Rohili mengungkapkan, 109 ribu wisatawan itu berasal dari sejumlah daerah di Indonesia dan wisatawan luar negeri.

Jumlah itu jauh lebih rendah dibandingkan kunjungan wisatawan pada 2019 yang mencapai 346 ribu. Dari data kunjungan wisatawan itu, terdapat penurunan jumlah kunjungan yang cukup signifikan ,atau mencapai 75%.

Penurunan jumlah kunjungan wisatawan ini dipengaruhi faktor pandemi Covid-19, di mana kepariwisataan di Indonesia menjadi salah satu sektor yang cukup terdampak.

“Kita harus berupaya mempromosikan sekaligus mengembangkan sektor kepariwisataan. Ke depan, harapannya setelah pandemi , sektor ini akan kembali banyak diminati oleh wisatawan,” kata Rohili, dalam keterangan tertulis diterima Nalar.ID.

Rohili menambahkan, dari laporan pengelola hotel, terdata 80% dari ribuan kamar hotel telah dipesan pengunjung untuk menikmati Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

“Saya harap, meski jumlah pengunjung Nataru ini tak sebanyak tahun sebelumnya. Tapi ditargetkan mencapai 6.000 lebih pengunjung datang ke Belitung,” tutupnya.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi