Nalar.ID

Tayang 2022, Kisah Perjalanan Ali Sadikin Difilmkan

Nalar.ID, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana pembuatan film ‘Ali Sadikin: The Movie’. Terlebih, almarhum Letjen KKO (Purn) Ali Sadikin merupakan sosok pemimpin yang fenomenal. Terutama saat memimpin Jakarta dari 1966 – 1977. 

Bamsoet menilai sosok Ali layak diangkat ke layar lebar. “Banyak kisah perjalanan hidupnya bisa dijadikan inspirasi generasi saat ini,” ujar Bamsoet usai menerima tim produksi ‘Ali Sadikin: The Movie’ di Jakarta, Selasa (2/3/21), kepada Nalar.ID.

Oleh karena itu, ia pun siap untuk menjadi produser pembuatan film tersebut. Ia menuturkan Presiden Soekarno sempat memberikan julukan kepada Ali sebagai ‘orang keras’.

Itu pula yang membuat Soekarno mengangkat Ali sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 28 April 1966. Menjabat sebagai Gubernur Jakarta selama 11 tahun, Ali berhasil membangun Jakarta menjadi kota metropolitan.

“Sadikin sudah identik dengan kota Jakarta. Hingga kini, beliau diakui luas sebagai peletak dasar pembangunan Jakarta menjadi kota modern dan beradab,” kata Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini memaparkan, film ini juga akan memuat kisah kebijakan kontroversial yang dibuat Ali. Seperti legalisasi judi. Sarana perjudian itu dikenakan pajak tinggi guna mengisi kas pemerintah daerah, yang selanjutnya digunakan untuk membangun kota Jakarta.

“Ada pula kisah romantisme Bang Ali dengan istrinya, Nani Sadikin. Termasuk kehidupan rumah tangga bersama anak-anaknya. Kita sudah dapat izin pembuatan film dari anak beliau, Boy Sadikin,” pungkas Bamsoet.

Proses pembuatan segera dimulai. Harapannya, kata Bamsoet, tahun 2022 mendatang, film ini bisa tayang di bioskop Tanah Air. Serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi para calon pemimpin daerah lainnya.

Penulis: Veronica Dilla| Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi