Nalar.ID

Tayang di tvOne, Film ‘Merdeka atau Mati Soerabaia 45’ Rekonstruksi Visual Kisah Heroik

Nalar.ID, Jakarta – Stasiun televisi tvOne kembali menayangkan film spesial sejarah. Film Merdeka atau Mati Soerabaia 45 akan tayang pada Minggu (7/11/2021) pukul 20.00 WIB. Film ini mengisahkan peristiwa 10 November di Surabaya.

Ini adalah film perjuangan Indonesia yang dirilis tahun 1990. Disutradari oleh Imam Tantowi dan dibintangi oleh Nyoman Swadayani, Leo Kristi dan Usman Effendy.

Film ini menceritakan bagaimana Proklamasi berkumandang. Namun, rakyat Surabaya seolah tidak percaya kalau proklamasi itu benar adanya. Proklamasi disambut gembira rakyat. Jepang masih berkuasa namun sudah tidak memiliki taji lagi. Selain itu kemerdekaan Indonesia seolah tak dianggap oleh Jepang.

Kemudian, Indonesia harus memiliki angkatan laut dan merebut semua pangkalan di Surabaya dari Jepang. Sementara itu usaha untuk melucuti senjata Jepang juga dilakukan.

Diketahui, Jepang sebenarnya sudah kalah akibat Perang Dunia ke 2 yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. Sehingga secara de facto, kepemimpinan dan penjajahan Jepang di Indonesia sudah tidak memiliki kekuatan lagi.

Pemuda-pemuda Surabaya lalu membentuk gerakan merah putih untuk menuntut kemerdekaan RI. Kisah perang yang terkenal dengan sebutan peristiwa 10 November di Surabaya.

Antara lain tokoh pembakar semangat, Bung Tomo, perobekan bendera Belanda, tertembaknya jenderal Inggris dan lain lain. Film ini seolah rekonstruksi visual kisah heroik dari kacamata rakyat biasa.

Penulis: Febriansyah | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi