Nalar.ID

Tayang di tvOne, Ini Kisah Patriotik Film ‘Serangan Fajar’

Nalar.ID, Jakarta – Akhir pekan ini, tvOne akan menayangkan film special. Film berjudul Serangan Fajar akan hadir pada Minggu, 27 Maret 2022, pukul 20.00 WIB. Ini merupakan film semi dokumenter drama peperangan di Indonesia.

Mengambil latar belakang peristiwa sejarah, namun dihadirkan dengan kemasan kisah fiktif seorang anak bernama Temon yang merupakan tokoh sentral film ini. Film karya sutradara Arifin C. Noer ini di produksi tahun 1982.

Dalam siaran pers diterima Nalar.ID, Kamis (24/3/2022), film ini juga mengisahkan perang kemerdekaan. Juga menampilkan beberapa fakta sejarah di daerah Yogyakarta.

Peristiwa-peristiwa patriotik itu, di antaranya penaikan bendera Merah Putih di Gedung Agung, penyerbuan markas Jepang di Kota Baru, penyerbuan lapangan terbang Maguwo dan serangan beruntun di waktu fajar ke daerah sekitar Salatiga, Semarang.

Dalam peristiwa bersejarah itu, memperlihatkan ribuan pemuda dan rakyat Yogyakarta. Serta para pemimpin mereka, seperti Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Soeharto.

Semua peristiwa di atas dirangkai dengan kehadiran Temon, anak laki-laki kecil yang masih lugu, di sela-sela perang bersama neneknya. Dia selalu menanyakan ayahnya yang telah tiada. Kehadiran pejuang telah menjadi figur ayahnya.

Terselip pula kisah keluarga bangsawan Yogyakarta, di mana Romo ikut gigih membantu pejuang. Sementara istrinya selalu ketakutan akan kehilangan kastanya sebagai bangsawan, karena salah satu anaknya menjalin cinta dengan seorang pemuda pejuang dari rakyat jelata.

Editor: Febriansyah

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi