Nalar.ID

Terdampak Covid-19, FJI Terima Bansos dari PT IRJ dan Eddie Foundation

Nalar.ID, Jakarta – Pandemi Covid-19 tidak sedikit berimbas terhadap masyarakat Indonesia. Tak terkecuali para awak media. Baik terkait penularan maupun dampak ekonomi secara langsung maupun tidak.

Sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), praktis menyebabkan para jurnalis mengalami permasalah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal ini mendapat perhatian dari Direktur Utama PT.Imza Rizki Jaya, Dr.Hj.Rizayati, SH., MM. Sebagai bentuk perhatian terhadap pekerja media, pihaknya menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada jurnalis yang tergabung dalam Forum Jurnalis Independen (FJI). Bantuan diserahkan di Oyo Townhouse, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020) lalu.

Saat penyerahan bantuan kepada pihak FJI, Dr.Hj.Rizayati, SH., MM.,berpesan agar dalam melakukan penyaluran bantuan tersebut, FJI tetap berupaya mengikuti dan mematuhi anjuran pemerintah, yakni menjaga jarak dan patuh akan penggunaan masker.

“Harapannya, bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk teman-teman jurnalis dan keluarga. Tentunya teman teman selalu menjaga jarak, memakai masker dan ikuti anjuran pemerintah,” ujar Bunda Riza, sapaan akrabnya, kepada Nalar.ID, Senin (18/5/2020).

Manfaat

Hal senada turut disampaikan oleh Direktur Eddie Foundation, Dr. Teuku Eddy Faisal Rusydi SHI.,M.Sc., CM., CTT., (K). Melalui  keterangan singkatnya, ia berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi para jurnalis dalam menghadapi pandemi ini.

Kegiatan bantuan sosial kepada puluhan awak media ini didukung oleh PT. Imza Rizky Jaya dan Eddie Foundation atau Yayasan Eddie Untuk Negeri. Ini juga bagian dari rangkaian kegiatan berbuka puasa bersama relawan dan awak media di kediaman Bunda Riza, sehari sebelumnya.

Sekretaris Panitia, Zulfahmi Siregar mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama PT. Imza Rizky Jaya atas keikhlasannya mau peduli atas nasib para wartawan selama masa pandemi ini.

“Mewakili FJI saya ucapkan terima kasih kepada Bunda Riza (Dirut IRJ) yang sudah bersumbangsih, peduli dengan keberlangsungan hidup para jurnalis selama pandemi Covid-19,” ujar sekretaris penyelenggara, Zulfahmi Siregar.

Aceh hingga Malaysia

Fahmi menegaskan selama ini jurnalis merupakan garda terdepan dalam menginformasikan setiap informasi terkait penyebaran Covid-19 serta informasi lainnya kepada masyarakat.

“Maka itu perlu diperhatikan juga nasib awak media. Mereka juga bagian dari masyarakat. Semua terdampak akibat bencana nasional ini,” sambungnya.

Diketahui, selama ini Eddie Foundation telah menyalurkan bantuan sosial dari dana CSR PT. IRJ ke sejumlah wilayah. Diantaranya Malaysia, Padang, Aceh hingga Jakarta. Ini bagian upaya menekan penyebaran Covid 19, sekaligus membantu masyarakat Aceh Tengah akibat terdampak banjir bandang beberapa waktu lalu.

Di Aceh sendiri, PT. IRJ bukan hanya menyalurkan bantuan sosial dan tanggap darurat bencana, melainkan membantu kebutuhan rumah layak huni bagi kaum duafa dan sarana keagamaan seperti balai pengajian.

Dalam merealisasikan bantuan tersebut, PT. IRJ menggaet Eddie Foundation sebagai analisnya. Tujuannya agar bantuan itu tepat sasaran dan berguna, sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat penerima manfaat.

Penulis: Veronica Dilla | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi