Nalar.ID

Tingkatkan Daya Saing, Menko UKM: UMKM Harus Go Digital

Jakarta, Nalar.ID – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenko UKM) Suparno menyebut, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) saat ini menjadi tulang punggung perekonomian Tanah Air.

“Produk domestik bruto (PDB)-nya mencapai 60 persen dengan serapan tenaga kerja terbesar hingga mencapai 97, 02 persen. Mereka bekerja di seluruh sektor usaha. Ini wujud pemerataan ekonomi,” kata Suparno, dalam diskusi di Kementerian Koperasi dan UKM, belum lama ini.

Atas pencapaian ini, ia menilai, pentingnya penggunaan digital. Tujuannya, untuk membesarkan bisnis UKM dan produk-produknya di Tanah Air. Sebabnya, kementerian ini segera mengadakan gebyar UKM di Kulonprogo, Yogyakarta, dengan tema ‘UKM Indonesia Zaman Now: Kewirausahaan + Pemasaran: Sukses Bisnis’, akhir tahun ini.

“Tema ini relevan karena memasuki era ekonomi digital dan era Revolusi Industri 4.0. Tema ini mengusung konsep kekinian. Mendominasi penggunaan teknologi digital yang bisa memanfaatkan pemasaran dengan tetap menjaga semangat kewirausahaan,” jawabnya.

Melalui tema itu, sambungnya, UMKM, dituntut agar mampu menggunakan teknologi digital lewat pengelolaan bisnisnya, serta menjangkau pasar lebih luas.

“Para pelaku (UMKM) juga bisa fokus kepada kualitas SDM yang bisa menciptakan inovasi dalam memenuhi permintaan pasar yang selalu cepat berubah dan dinamis,” lanjutnya.

Penulis: Randy Erha | Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi