Nalar.ID

Tingkatkan Kompetensi ASN dengan e-Learning

Nalar.ID, Jakarta – Kemudahan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan wawasan dan soft skill aparatur sipil negara (ASN) terus dilakukan pemerintah. E-learning menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan kompetensi ASN. Ini diyakini mampu memberikan kemudahan, karena dapat diakses dari manapun dan kapanpun.

“Platform e-Learning akan memudahkan ASN dalam peningkatan kompetensi. Tidak terbatas pada tugas dan fungsinya di instansi, tapi bisa mempelajari hal baru yang berkaitan dengan hobi dan interest-nya,” kata Kepala Bidang Peningkatan Kinerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kementerian PANRB, Istyadi Insani saat audiensi dengan platform e-Learning Udemy for Government di Kantor Kementerian PAN-RB, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), pengembangan kompetensi perlu dilakukan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan kompetensi. E-learning merupakan salah satu metode pengembangan kompetensi berupa pelatihan nononklasikal. Dalam PP tersebut, tercantum bahwa setiap ASN harus memenuhi pelatihan sebanyak 20 jam setiap tahun.

Istyadi menjelaskan, ASN dapat mengikuti berbagai jenis kursus yang disediakan platfom e-Learning. Ketika ASN itu telah selesai mengikuti kursus, akan dilakukan uji kompetensi untuk membuktikan dirinya telah melakukan pelatihan. “Uji kompetensi akan dilakukan oleh instansi yang bersangkutan sebagai tanda bahwa ASN itu telah menyelesaikan pelatihan via e-Learning tadi,” imbuhnya.

Perwakilan Udemy for Government di Indonesia Daniel Tumiwa mengatakan platform e-Learning ini tak hanya membantu untuk peningkatan kompetensi ASN secara merata hingga ke daerah, tapi menciptakan budaya belajar bagi ASN itu. “Kemudahan mengakses e-Learning akan mempercepat proses transfer knowledge, sehingga membuat ASN ingin terus menggali pengetahuan baru sehingga tercipta budaya belajar dalam dirinya,” pungkas Daniel.

Penulis: Erha Randy | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi