Nalar.ID

Tol Pekanbaru-Dumai Resmi Dibuka

Presiden Joko Widodo, pada Jumat (25/9/2020) lalu meresmikan salah satu ruas dari jalan tol trans Sumatera, yakni Tol Pekanbaru-Dumai. Tol sepanjang 131,5 km ini punya enam seksi. Juga enam buah simpang susun dan lima buah terowongan gajah di kawasan konservasi.

Tol ini terdiri dari Seksi I pekanbaru-Minas 9,5 km, Seksi II Minas-Kandis Selatan 24,1 km, Seksi III Kandis Selatan-Kandis Utara 16,9 km, Seksi IV Kandis Utara-Duri Selatan 26,25 km, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara 29,40 km, dan Seksi VI JC Duri-Dumai 25,44 km.

“Pembangunan sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp12,18 triliun. Tol ini bisa mendukung kegiatan produktif masyarakat. Baik untuk masyarakat Riau, atau masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera,” kata Jokowi.

Jokowi yakin adanya tol ini akan meningkatkan konektivitas ibukota Provinsi Riau dengan Kota Dumai. Di mana, Dumai adalah kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju.

“Ini memperpendek jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai. Dari sebelumnya 200 km jika lewat jalan nasional jadi hanya 131 Km jika ditempuh lewat jalan tol ini. Dengan kondisi ini, truk2 pengangkut sawit pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu,” tambahnya.

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi