Nalar.ID

Transformasi BRI Institute Menuju Cyber University

Nalar.ID, JAKARTA – BRI Institute sebagai kampus fintech pertama di Indonesia, resmi bertransformasi menjadi Cyber University atau Universitas Siber Indonesia, dengan misi terwujudnya Pendidikan Tinggi yang unggul pada Bidang keuangan mikro, perbankan, perbankan syariah, bisnis, asuransi, dan kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi digital di ASEAN tahun 2030,

Cyber University berada di bawah naungan Yayasan Siber Indonesia Pratama, yang berlokasi Jl. TB Simatupang Jakarta Selatan resmi berubah sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbudristek nomor 2/E/0/2022 tentang Izin Perubahan Bentuk Institute Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia menjadi Universitas Siber Indonesia atau Cyber University ini, telah diterima oleh ketua Yayasan Siber Indonesia Pratama dan disaksikan oleh rektor Cyber University beserta jajaran dan kolega,Rabu (25/1/2023).

Gunawan Witjaksono, Rektor Cyber University menyampaikan rasa syukurnya atas perubahan ini dan berharap Cyber University dapat menjadi kampus yang unggul di bidang teknologi keuangan, seiring perkembangan teknologi di era digital ini.

Apalagi, selama ini BRI Institute sebelum berubah jadi Cyber University sudah dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia.

“Cyber University juga memiliki tiga keunggulan yakni sebagai kampus yang menerapkan financial technology pertama di Indonesia, kampus yang memiliki program CPL (Company Learning Program) dan kampus yang fokus terhadap UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia. Pada program CPL, mahasiswa akan melaksanakan perkuliahan 3 tahun kemudian dilanjut dengan 1 tahun program magang.Cyber University sangat cocok bagi generasi muda,” ungkapnya, dalam keterangan pers diterima Nalar.ID.

Wakil Rektor II Cyber University, Suparman, menambahkan kampus ini memiliki 5 program studi jenjang sarjana, yaitu sistem informasi, teknologi informasi, bisnis digital, kewirausahaan, sistem dan teknologi informasi. Daya tampung mahasiswa per angkatan mencapai 200 orang dengan kegiatan perkuliahan 51 persen tatap muka dan 49 persen blended learning.

“Kita sudah meluluskan angkatan pertama November 2022 ada 165 mahasiswa. Itu 100 persen diserap industri perbankan,” tutur dia saat konferensi pers.

Sinergi dengan transformasi ini, Cyber University juga akan meluncurkan kegiatan Cyber Festival 2023 yang akan terangkai dalam beberapa program yakni CyberTech Fest 2023, Cyber Ekspresi 2023, Cyber JobCareer & Internship Fest 2023 dan Cyber Scholarship 2023. Kegiatan tersebut ditujukan bagi siswa/i, mahasiswa dan masyarakat umum.

Cyber University bekerja sama dengan aplikasi MTryout menyediakan 100 kuota untuk penerimaan beasiswa prestasi. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi para siswa yang mempunyai prestasi dari bidang olah raga, seni, seorang hafiz quran, dan prestasi akademik. Besaran beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa kuliah sampai 100%.

Untuk CyberTech Fest 2023, kegiatan itu akan menjadi acara yang diperuntukkan bagi mahasiswa Cyber University. Ada dua kompetisi yang akan digelar dalam festival itu, yakni lomba pembuatan situs program studi dan lomba pembuatan business plan. Lalu, dalam Cyber Expresi 2023, siswa-siswi sekolah mendapat tempat untuk mengekspresikan minat serta bakatnya sendiri di bidang olahraga dan seni.

Sementara Cyber JobCareer & Internship Fest 2023 akan menghadirkan bursa kerja dan magang bagi masyarakat umum, mahasiswa, dan juga siswa. Project Officer Cyber JobCareer & Internship Fest 2023, Diki, menjelaskan, setidaknya ada 50 perusahaan dari berbagai bidang yang akan mengikuti kegiatan tersebut.

Kemudian soal Cyber Scholarship, Cyber University bekerja sama dengan aplikasi MTryout menyediakan 100 kuota untuk penerimaan beasiswa prestasi. Beasiswa tersebut diperuntukkan bagi para siswa yang mempunyai prestasi dari bidang olah raga, seni, seorang hafiz quran, dan prestasi akademik. Besaran beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa kuliah sampai 100 persen.

“Semoga transformasi ini dapat membawa Cyber University menjadi kampus unggul yang mampu mengantarkan mahasiswanya menjadi generasi bertalenta digital dibidang keuangan dan siap untuk mengambil peran penting dalam setiap perubahan juga persaingan di dunia kerja dunia industri,” kata Suparman.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi