Nalar.ID

Turis Asing ke Bali Bebas Karantina, Harry Basuki Tjahaja: Bantu Pemulihan Ekonomi

Nalar.ID, Jakarta – Belakangan, Pemerintah Indonesia resmi menetapkan kebijakan bebas karantina bagi turis asing atau pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Indonesia melalui Bali.

Aturan ini mulai berlaku Senin, 7 Maret 2022, lebih cepat sepekan dari rencana awal 14 Maret 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapan, keputusan ini telah direstui Presiden Joko Widodo. Namun, syaratnya setiap PPLN yang masuk Bali wajib sudah divaksin lengkap dua dosis atau booster.

Sah! Sesuai arahan dari Bapak Presiden Jokowi, sudah diputuskan bahwa mulai 7 Maret 2022 Bali akan diujicobakan bebas karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri yang telah vaksin lengkap dan juga booster,” kata Sandiaga melalui Twitter, Minggu (6/3/2022).

Harry Basuki Tjahaja. NALAR/Dok. pribadi

Sandiaga berharap aturan baru ini dapat dimanfaatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Dalam kesempatan terpisah, pengamat pariwisata sekaligus Wakil Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Harry Basuki Tjahaja menuturkan bahwa penetapan kebijakan tersebut demi mengembalikan perekonomian di Pulau Dewata usai terdampak pandemi Covid-19. Harry mengaku sangat optimis atas kebijakan pemerintah tersebut.

“Membuka pintu masuk Bali sekarang tanpa karantina tentu akan membantu pemulihan ekonomi. Tetapi, karena dampat pandemic and anthropology dari tourists juga berubah, jadi memang kita perlu memiliki pemikiran dan upaya-upaya yang tidak biasa-biasa saja. Tetapi, lebih dinamic dan creative dalam menghadapi situasi pariwisata ini,” jelas Harry.

Editor: Ceppy F. Bachtiar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi