Nalar.ID

Wow, Dana Turis Lokal Rp 50 T Berputar di Indonesia

Nalar.ID, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menargetkan, sebagian dana yang biasanya dihabiskan wisatawan nusantara untuk berwisata di luar negeri, bisa diputar di Indonesia.

Catatan Sandi, dana wisatawan lokal yang digunakan untuk berlibur di luar negeri sebesar Rp 150 triliun per tahun.

“Karena ada Rp150 triliun jumlah dana yang teralokasi oleh para wisatawan nusantara untuk berwisata di luar negeri. Ini bisa ambil peluang untuk merealokasi sebagian dana masyarakat yang habis untuk berwisata di luar negeri,” kata Sandiaga, dalam diskusi webinar, belum lama ini.

Ia menegaskan agar dana itu bisa tetap bertahan di Indonesia, pihaknya akan berupaya menarik masyarakat untuk berwisata di dalam negeri dengan mengembangkan lima destinasi super prioritas.

Kelima tempat destinasi wisata ini adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Saat ini pemerintah sedang fokus mengembangkan pariwisata dikawasan Labuan Bajo. Beberapa titik pembangunan dilakukan di Puncak Waringin, Batu Cermin, Pantai Marina, dan Pulau Rica.

Berdasarkan catatan Kementerian PUPR per Februari 2021, kemajuan penataan di Puncak Waringin saat ini mencapai 98 persen. Sementara, Batu Cermin 96,5 persen, Pantai Marina 17,74 persen, dan fasilitas penunjang di Pulau Rica 37 persen.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo Manuhutu berharap jumlah wisatawan domestik akan semakin banyak di masa pandemi Covid-19.

“Sebelum pandemi, banyak yang berwisata keluar negeri. Nilainya lebih dari 10 miliar dolar AS. Itu bagaimana caranya didorong tetap di dalam domestik,” kata Odo.

Penulis: Febriansyah | Editor: Radinka Ezar

Komentar

Ikuti Kami

Kami nalar, punya alasan informasi tak ditelan mentah. Mari, sama-sama bernalar.

Nalar.ID | Cerdas Menginspirasi